Langsung ke konten utama

TRAGEDI HARI MINGGU


Tragedi Hari Minggu


Hai kawan-kawa semuanya, ketemu lagi sama gue wanita paling cantik sedunia dan seakhirat. ~cieleh~. Ketika banyak orang sibuk bersenang-senang, pergi jalan-jalan, dan bertamasya di hari Minggu entah bersama pacar, temen, sahabat, pembantu, engkong, pakdhe, budhe atau siapalah, gue justru terbaring lemah di atas kasur guling-guling nggak tentu arah sambil meratapi nasib. Yah, karena apa ? gue yang seharusnya hari ini pergi jalan-jalan dan muter-muter kota Kudus cari bahan buat penelitian bareng sama Nayla temen gue, malah terbaring sakit tak berdaya. Semua ini gara-gara penyakit flu sialan yang selalu datang tanpa permisi sama gue. Asem banget emang, di hari libur gini garus terkena penyakit yang namanya flu. Terlebih lagi, ini adalah kesekian kalinya buat gue kena flu dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Beuh…, gue hanya bisa mengelus dada sambil meratapi nasib.
Baru sedetik gue merem, tiba-tiba aja hape gue getar dan sukses mengganggu ritual tidur gue di pagi hari. Dalam layar homescreen gue, gue langsung liat siapa yang kirim pesan gue pagi-pagi jam 7. Ternyata Nayla temen gue yang nanya tentang agenda hari ini, yaitu pergi muter-muter Kota Kudus nyari bahan referensi buat karya tulis gue. Berhubung, gue merasa kalau gue lagi gak enak badan gara-gara virus influenza sudah menguasai tubuh gue, gue langsung memberitahu Nayla kalau agenda hari ini terpaksa di batalkan karena gue lagi sakit dan gue pun langsung balik lagi melakukan ritual rutin gue di hari Minggu, yaitu tidur. Nah, beruhubung sekarang gue lagi sakit, akhirnya gue bangun kesiangan dan langsung mendapat omelan dari mama gue.
“Kerjaan kamu itu lho tidur melulu kayak kebo !” Ih astaga, gue ini anak lo bu, anak lo, bukan anak kebo. Aduh…aduh…, masak anak sendiri di bilang kebo sih ?. Tega banget. Dan gue pun keluar sambil nangis darah gara-gara di katain mama gue sendiri sebagai KEBO. Well, itu lebay, tapi ini lah gue. So, jangan kaget.
“Mah, makannya apaan ni ?” Tanya gue dengan membawa handuk dan mencium aroma masakan yang menguar dari panci.
“Kamu itu, yang ada di pikiran kamu cuma makanan aja. Ingat berat badan kamu loh. Kalau udah gendut susah nuruninnya.” Sahut ayah gue yang mulai ikut-ikutan buat hari Minggu gue makin kelabu, dan ternyata enggak mama gue enggak ayah gue semuanya sama, enggak ada topik lain yang dibahas apa selain masalah berat badan gue ?. Kuping gue pun udah mulai panas mendengar topik yang itu-itu saja setiap ketemu gue. Astaga, yaoloh apa yang salah sama gue ?. Well, emang sih gue udah kelebih berat badan sebanyak 7 kg, itu bukan masalah selama gue enjoy aja menjalani hidup. Ingat, hidup di dunia itu hanya sementara, so, have fun beibeh. Jangan pikirin masalah yang enggak penting bro !, kayak masalah gue sekarang. Karena saking enggak betahnya sama apa yang tengah di omongin mereka berdua ke gue, gue pun langsung ngibrit pergi ke kamar mandi dan mengelus dada. Akhirnya bisa juga gue lepas dari kicauan mereka berdua yang enggak penting.
Setelah gue keluar dari kamar mandi, gue langsung menuju dapur dan melihat masakan mama gue yang ternyata udah jadi dan mateng. Setelah gue cium baunya, aduh…harum banget, bikin gue kagak nahan pengen makan. Baru sedetik aja gue menikmati bau ayam opor yang menguar dari dalam panci. Tiba-tiba aja mama gue langsung nabok pundak gue dan berhasil membuat gue meloncat kaget.
“Apaan sih ma !” Seru gue sedikit kesal.
“Hayo, mbak Arisa enggak boleh makan lho pagi ini, kan katanya mau diet. Ingat berat badan kamu.” Astaga, itu lagi, itu lagi yang di bahas. Bosen juga gue dengernya.
“Aduh ma, mama itu ngapain sih !, terserah aku dong, mau makan atau enggak.” Bales gue sambil berjalan meninggalkan mama gue dengan menunjukkan muka kesal ke arah mama gue.
“Eh, ni anak dibilangin sama orang tua juga.” Sahut mama gue yang otomatis masih bisa gue dengar, walaupun gue udah pergi menjauh. Tapi, gue cuma diam aja tanpa membalas perkataannya, karena gue yakin pasti bakalan panjang urusannya kalo gue harus adu mulut sama mama gue.
Setelah beberapa jam berlalu, gue pun langsung pergi ke dapur sambil ceingukan tengok kanan-tengok kiri. Takut-takut nanti ada nenek sihir datang (baca : mama gue). Gue langsung pergi berjalan menuju tempat biasa mama gue mencuci baju yang tempatnya tepat di sebelah dapur, disana juga gue enggak ngelihat adanya tanda-tanda kemuculan dari nenek sihir sekaligus kakek sihir (?). Nah, setelah gue merasa keadaannya aman, gue langsung diam-diam mengambil piring tanpa bersuara, mengambil nasi tanpa bersuara dan juga mengambil ayam opor tanpa bersuara juga. Persis seperti maling yang lagi praktek nyolong di rumah-rumah konglomerat. Tapi bedanya sama gue adalah gue ini persis seperti maling yang lagi kelaparan dan nyolong makanan di rumahnya sendiri.
Ngenes banget dah hidup gue hari ini, udah sakit-sakit bukannya di beri perawatan dan kasih sayang dari orang tua malah disuruh diet dan enggak boleh makan. Ngenes banget kan hidup gue ?. Mungkin lo enggak ngrasain apa yang gue rasain. Tapi coba deh, lo bayangin diri lo lagi sakit panas plus flu dan enggak di bolehin makan sama mama dan ayah lo hanya gara-gara lo udah overload (baca : gemuk). Nah, ironis banget kan ?. Bukannya sembuh tapi penyakit gue jadi tambah parah dan alhasil, tubuh gue jadi kering kerontang seperti tanaman yang enggak pernah disiram selama 1 abad.
Aji mumpung banget nih gue bisa makan dengan tentram tanpa ada gangguan dari para penyihir rumah. Sampai-sampai gue bisa duduk dengan melipat kaki gue ke atas persis seperti bapak-bapak tukang becak yang biasa mangkal di warteg. Hanya saja bedanya sama gue sekarang adalah gue makan sambil nongkrong di depan pacar gue yaitu laptop sambil mantengin twitter. Aduh, enaknya, udah berapa lama gue enggak makan dengan gaya seperti ini.
Baru aja gue mau ngabisin makanan gue, tiba-tiba si nenek sihir datang dengan nenteng tas kresek dipenuhi dengan barang belanjaan dan langsung nyemprot gue dengan omelan-omelannya. “Heh !, kamu kok makan !, mama enggak tanggung lho kalo nantinya badan kamu jadi segede ini.” Kata mama gue sambil memperagakan gimana jadi orang gendut segendut Pretty Asmara. “Ayo, sini serahin makannya ke mama !”
Senyum kemenangan pun terukir di wajah gue yang secantik Selena Gomez ini. Karena apa ?, yah benar, piring gue udah kosong dan hanya tersisa oleh tulang belulang ayam opor yang barusan gue makan dengan sadisnya. “Hehe, ini mah, silahkan diambil.”
“Loh kok udah kosong ?” Kata mama gue sambil memegang piring yang sudah kosong itu dengan tatapan kaget.
“Ya udah aku makan lah mah.” Bales gue yang langsung berkutat dengan twitter gue.
“Astaga, ni anak.” Kata mama gue yang akhirnya langsung pergi meninggalkan gue. Dan dalam hati gue, gue pun langsung bersorak-sorai dan berteriak “YES !” sekeras-kerasnya dalam hati gue.
Setelah kejadian itu, gue langsung mantengin twitter gue dan ngecek mention gue, tau-tau ada hal penting yang nyangkut disana. Ternyata setelah gue buka mention gue, ada sebuah nama yang langsung muncul di twitter gue yaitu dari @aiu_eo4 yang bilang ke gue supaya gue cepet sembuh. Habis itu juga ada twitter  dari salah satu kawan lama gue yang sekarang udah pindah sekolah nan jauh di sana yaitu di Magelang. Gue kangen banget ma temen gue yang bertubuh pendek, hitam manis, berambut panjang bergelombang, persis seperti model-model iklan shampoo, selain itu orangnya juga baik banget, dan dia bernama Zizi. Sayang banget, dia sekarang udah pergi ninggalin gue dan temen-temen gue yang lain untuk menempuh pendidikan yang lebih baik lagi di Magelang. Intinya yang gue dapet dari @ZiyyanaWalida adalah bales-balesan salam kangen. Maklumlah, kita emang udah lama banget enggak ketemu satu sama lain. Bayangkan udah setahun loh kita enggak ketemu.
Ternyata sudah 4 lamanya gue mantengin laptop gue. Alhasil, mata gue langsung pedes dibuatnya, kayak habis kemasukan berton-ton sambel. Abis itu nih ya, mata gue serasa kering kerontang seperti habis di hairdryer. Lo bisa bayangin sendiri dah, gimana rasanya mata lo di hairdryer selama 4 jam. Gue jamin, mata lo langsung keriput-keriput persis seperti mata kodok, habis itu tinggal panggil ambulance dan siap-siap untuk dioperasi.
Karena saking sibuknya gue ngurusin twitter gue, gue sampe enggak denger kalau mama gue sudah memanggil-manggil nama gue sedari tadi. “Mbak ! mbak ! MBAK !!!”
“Hah ?, ada apa ma ?” Bah, pantesan aja gue kagak denger kalau mama gue manggil nama gue plus triak-triak pula. Orang disamping gue lagi sibuk sama twitter gue, gue juga tengah make earphone di kedua telinga gue plus dengan volume super kenceng pula.
“Hih, ni anak ! dari tadi dipanggil-panggil nggak nyaut-nyaut !, ngapain aja sih kamu ?”
“Astaga, iya-iya, ini juga udah nyaut, ada apaan sih ?” Jawab gue ketus.
“Mama sama ayah mau pergi sebentar, ingat lho ya, liburan gini jangan kebanyakan ngemil, bobot kamu nambah baru tau rasa ntar.” Nah loh, yang dibahas bobot lagi bobot lagi, emangnya di dunia ini enggak ada topik lain apa selain ngomongin bobot dan berat badan ?. Sumpah dah, suatu saat gue bakalan menghapus semua kata, makna, arti, kalimat dan semuanya yang berembel-embel bobot atau pun berat badan. Kuping sama hati gue udah kepanasan minta disiram air ratusan galon cuma gara-gara denger tu kata.
“Hah, iya deh…iya, emang apa salahnya sih ?”
“Apa salahnya ?, cari baju buat seukuran kamu itu susah banget nduk…ingat itu nduk.” Balas mama gue seraya menasihati gue. Alhasil, gue pun cuma bisa manggut-manggut aja dengerin apa yang sudah diomongin mama ke gue. Yah, selaku anak yang baik kan emang harus gitu kan, mendengarkan dengan sepenuh hati dan menghayati setiap nasihat yang diberikan oleh orang tua kepada kita. Walaupun, sedikit grundel di dalam hati sih. Tapi, apa daya, gue nggak mau dibilang sebagai anak durhaka dan tiba-tiba dikutuk jadi batu kayak Malin Kundang hanya gara-gara nggak mau denger nasihat orang tua.
Beberapa saat kemudian, gue bisa denger suara motor dibunyikan dan sayup-sayup pergi menghilang dari indra pendengaran gue. Dalam hati, gue langsung bersorak-sorak damai, bahkan inner gue langsung berteriak-teriak persis seperti orang kesurupan. “Yes !!! Yes !!! mama dan ayah lo udah pergi tuh. Sekarang lo bisa makan sepuasnya di sini, tanpa ada gangguan.” Sialan banget ni si Inner gue. Gue berniat buat diet dan berusaha enggak makan hari ini malah disemangatin hal begituan. “Sialan banget sih lo !” Seru gue keras-keras pada Inner gue. Tapi emang sih, perut gue udah ramai bikin pawai minta diisi. Aduh, gue harus gimana nih. Ayolah Arisa, ingat lo udah janji sama diri lo sendiri buat diet dan diet. Supaya badan lo jadi kurus, slim, ramping, seksi, bahenol, bohai seperti artis-artis yang ada di drama-drama korea itu lho.
Karena saking sibuknya ngebayangin diri gue yang suatu saat bisa seperti artis-artis korea yang seksi itu, gue jadi ngiler sendiri dan pengen cepet-cepet langsing. Aduh tuhan, kenapa godaan gue banyak banget yah ?, pengen diet tapi keadaan gue lagi sakit. Kalo enggak dikasih makan, sakit gue bukannya sembuh malah semakin menjadi-jadi. Hingga pada akhirnya, gue pun melihat jam dinding gue yang ada di sebelah kanan atas meja belajar gue sudah menunjukkan pukul 2 siang. Astaga, gue belom makan sampai jam segini. Alhasil, perut gue pun mulai kembang-kempis dan siap-siap mengadakan pawai keliling kota yang dinamakan Kota Pencernaan.
Sadar kalau orang tua gue belum pulang, muncullah inner jahat gue dan berkata dengan berapi-api. “Hey, mama ma ayah lo belom pulang tuh, ini kesempatan tau buat lo. Inget, lo itu lagi sakit, butuh asupan nutrisi.” Bener juga apa yang diomongin inner gue. Tumben-tumbennya dia peduli sama kesehatan gue, biasanya malah buat gue semakin terpuruk dan stress aja.
Tanpa pikir panjang, gue pun langsung menuruti perkataan inner gue dan pergi ke dapur guna mencari makanan. Berulang kali gue mencari-cari tapi gue enggak menemukan opor ayam yang tadi dimasak sama mama gue. Sialan, tampaknya ni opor udah di simpen ama mak gue. Karena, nggak mau repot-repot mencari opor ayam yang kayaknya nggak bakal bisa gue temuin itu, gue langsung ngambil sebungkus mie instan yang ada di lemari penyimpanan di bawah dan langsung memasaknya dan memakan mie itu setelah mie itu matang.
Aduh nikmatnya, walaupun ini cuma semangkuk mie instan tapi cukup membuat gue kenyang. Sedetik kemudian, muncullah sebuah perasaan bersalah di hati kecil gue dan terus mengulang-ulang pertanyaan, “Kenapa tadi gue makan mie ini ya ?, gue kan lagi diet, toh gue juga enggak lapar.” Aduh, dudul banget deh gue, sekarang ini gue cuma bisa merutuki nasib gue yang sudah terjadi. Kalau gini terus caranya, kapan gue bisa langsing coba ?. Aduh, mau diet aja kok susah banget yah. Lalu, beberapa menit setelah itu, mama dan ayah gue langsung datang dengan membawa sekeranjang buah. Karena masih diliputi perasaan bersalah, sehabis sholat dzuhur pun gue langsung pergi ke kasur empuk gue dan berusaha tidur. Biasalah, menghindari masalah sama kakek dan nenek sihir (?) yang ujung-ujungnya juga ngomongin masalah berat badan dan gemuk. Oke-oke, gue nyadar kok kalau gue emang udah overload tapi plis deh, jangan terus-terusan mengingkit masalah itu sama gue, bikin kuping panas tau. Syukur-syukur deh kalau mama dan ayah gue bisa bantuin diet gue, boro-boro bantuin, ngeledekin terus baru sering. Astaga, apa salah gue coba ?
Setelah berjam-jam lamanya gue menikmati tidur siang gue. Tiba-tiba sesuatu bergejolak di dalam perut gue. Seperti ada sesuatu yang mengaduk-aduk perut gue dengan mixer yang biasa dipake mama gue buat bikin roti. Astaga, semakin lama sakitnya nggak ketulungan. Perut gue seperti ditusuk-tusuk, ditekan, ditarik, dan dikoyak sampai rasanya gue pengen ngeluarin seisi perut gue. Hingga pada akhirnya, hal itu sukses membuat gue terbangun dari tidur nyenak gue dan langsung pergi ke kamar mandi sambil lari terbirit-birit dan memegang perut gue. Nah, setelah sampe di kloset kamar mandi gue, gue langsung ngeden sepuas-puasnya sampai seluruh isi perut gue keluar dan sukses membuat seisi kamar mandi harum dengan wanginya bau kentut gue yang istimewa.
Tapi, setelah gue selesai boker kok perut gue masih mules ya ?. Aduh, ada apa dengan perut gue sih ?. Apa jangan-jangan perut gue lagi konslet yah ?. Alhasil, gue pun balik lagi ke kamar mandi dan terus berulang-ulang sampai ketiga kalinya. Wah, sialan banget nih perut, udah sakitnya nggak ketulungan, udah dikeluarin masih minta aja terus dikeluarin dari dalam perut. Bisa-bisa gue dehidrasi nih. Sampai malam tiba pun perut gue masih mules dan sakit nggak ketulungan seperti ada yang mengacak-acak isi perut gue. Alhasil, gue cuma bisa guling-gulingan di atas kasur sambil terus berteriak-teriak, “ADUHHHH....PERUUUTTHH, AKUUHH SAAAKKIITTHH BANGGEETTHH !!!”
“Aduh, mbak kamu kenapa ?” Tanya mama gue panik.
“Aduh…aduhh…enggakkhh, taauuuhh, aduhh.” Balas gue sambil beranjak pergi dari atas kasur dan berjalan menuju ke kamar mandi lagi sambil megangi perut gue yang mulesnya nggak ketulungan. Udah berapa kali gue bolak-balik ke kamar mandi coba ?. Aduh, sumpah deh, kayaknya udah gak keitung lagi. Setelah gue keluar dari kamar mandi mama gue langsung nanya ke gue. “Emang tadi kamu habis makan apaan ?, kok sampe mules-mules gitu ?”
“Aduh, nggak tau aku ma, tadi kan aku nggak ambil jatah makan malam.” Bales gue setengah lemas gara-gara dehidrasi.
“Bukan itu, maksud mama, kamu habis makan apa siang tadi ?” Setelah gue denger pertanyaan dari mama gue. Pikiran gue langsung nyantol sama mie instan yang gue makan tadi siang. Gue pun  langsung buru-buru tuh pergi ke dapur dan mengais-ngais sampah guna mencari bungkus mie instan yang udah gue makan siang tadi. Nah loh, akhirnya ketangkep juga lo sama gue, dengan paniknya gue langsung bolak-balik tuh bungkus mie instan guna melihat tanggal expired date-nya, dan ternyata KAAAAMMMPPPREEETT !!!!. Tanggal ex-datenya udah 2 bulan yang lalu yaitu tanggal 12/02/2012. Dasar KAMPRET lo, gara-gara mie instan sialan itu gue harus bolak-balik kamar mandi entah untuk yang keberapa kalinya.
Nah, untuk kalian semua, jangan pernah mencoba-coba adegan ekstrem yang baru saja gue lakukan tadi. Dijamin, anda bakal menghabiskan sepanjang hidup anda di kamar mandi untuk selamanya. So, sebelum makan mie instan atau sesuatu yang berbau instant food harap di cek tanggal ex-datenya agar anda tidak menyesal seperti yang saya alami sekarang. Dan itulah seklumit tragedi gue di hari Minggu gue yang kelabu.



NB : JANGAN PERNAH COBA-COBA DENGAN APA YANG SAYA LAKUKAN DI ATAS. JIKA SUDAH TERLANJUR SILAHKAN HUBUNGI DOKTER TERDEKAT.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Kehidupan di Kolong Jembatan

Sebuah Kehidupan Di Kolong Jembatan By : Huwaida Najla Alaudina  Apakah kalian tahu bahwa sesungguhnya dunia ini begitu kejam, dan apakah kalian tahu bahwa disektar kalian masih banyak sesorang yang kelaparan dan sakit-sakitan. Mungkin kalian masih berpikir, bahwa dunia itu kini sudah tidak ada. Dan ya, memang seharusnya dunia yang seperti itu memang tidak ada. Tapi tidak bagi segelintir orang yang hanya memikirkan harta dan kekayaan dan tidak peduli dengan orang-orang disekitar. Kurasa itu sungguh amat sangat kejam. Aku ingin kalian tahu bahwa aku memang hidup di dunia seperti itu. Aku bukanlah seseorang yang beruntung seperti kalian yang hanya bisa mengandalkan uang dari orangtua dan menghambur-hamburkannya. Kalian tahu, betapa mirisnya sebuah kehidupan yang harusku jalani, mungkin kalian akan menganggap bahwa sebuah dunia yang aku tinggali bersama keluargaku merupakan sebuah dunia yang tidak layak. Dan memang kenyataannya seperti itu, aku tinggal di sebuah kolong jembatan

Papua ??? Yes, We Have Batik

Papua ??? Yes, We Have Batik by : Huwaida Najla Alaudina Hi guys, you met me again here, and of course with a lot more to know with me. Now, I would like to tell you about an interesting story about Papua. Well, you know about Papua, don’t you?. I believe all of you will nod your head, right ?. Ok, just to remind you. Papua is the largest province of Indonesia,  located in the center of the Papua island or the eastern part of West New Guinea (Irian Jaya). Eemmh… don’t you know that actually Papua has so many cultures ?. And one of them is Batik. Moreover, UNESCO has even declared Batik as an object of cultural heritage produced by Indonesia. So,  batik is not only  from Java island but also from the rest of Indonesia. We can find various kinds of Batik. Even Papua itself also has Batik as its cultural heritage. So, what is so distinctive of Papua’s Batik and that of  other ethnical batik ?. Ok, here I’ll tell you. It is clear enough that Papua’s Batik has different char

"Behind The Mirror" Chapter 5

aaa ”Em...Ica, Lia, aku ingin bicara sebentar pada kalian berdua.” Kata Aline tiba-tiba pada mereka berdua. ”Hn...katakan saja, nyam..nyam...” Balas Ica sembari mengunyah makanannya. ”A..., kau tahu entah kenapa akhir-akhir ini ada serentetan kejadian aneh yang menimpaku. Seperti....” Katanya terpotong oleh Lia. ”Seperti apa ?” Sahut Lia menerobos kalimat-kalimat Aline. ”Seperti, aku bermimpi tentang sesuatu yang sangat aneh sekali, dan dimimpiku aku bisa mengeluarkan api dari tubuhku. Dan keesokan harinya aku bisa mengeluarkan api itu, dan kau tahu kejadian 2 hari yang lalu ketika aku ada di lab kimia ?” ”Ya..., aku ingat tiba-tiba kertas yang ada di tanganmu terbakar kan? dan kupikir itu adalah sebuah kecelakaan biasa karena adanya reaksi kimia dari spiritus dan alkohol.” Kata Ica menambahkan. ”Eh, tunggu tapi bukankah pada saat itu, posisi Aline tidak berada di meja percobaan ?, diakan berada di meja di depan meja percobaan, dan dia sedang menulis, kan ?” Kata Lia b